Editing Video di HP dengan PowerDirector, Gampang.

Cukup lama saya nyari program aplikasi di handphone based Android yang gak perlu canggih tapi cukup bisa dipakai untuk bikin edit video kecil2an. Setelah berpetualang dengan beberapa free apps akhirnya saya memutuskan memakai PowerDirector (duh versi berapa ini ya?).

Gampang gak sih pakainya?

Cukup gampang, gak perlu pengalaman edit video sebelumnya yang penting faham timeline, masukin video, text, gambar dan musik pasti bisa.

Butuh berapa lama belajar?

Saya bikin video pertama saya sekitar 2 jam untuk durasi 2 menit. Berikutnya cukup 30 menit aja, yang lama milih lagu backsound yg tepat.

Gratis atau berbayar?

Gratis tapi ada logo watermarknya, lalu saya beli dengan 80.000 pembayaran via pulsa. Murah dan worth it kok.

Gimana caranya?

Okey…. let’s do it! Silahkan download apps nya di app store pastikan cukup space dan pakai stock video yg ada di hp buat coba2. Bikin video gpp coba2, buat anak yang jangan.

1. Pilih new project pada tampilan awal.

2. Jangan lupa dinamai yg keren, karena nama adalah doa klo kata orang tua.

3. Kurang lebih begini tampilan awal, di bagian atas ada pilihan untuk memasukan; video, photo, music, dan tombol back. Tombol paling kanan adalah PLAY. Jangan pencet play dulu ya… kan blom ada video nya.

4. Kurang lebih ini tampilan bidang bekerja, dikasi tau kok apa aja tombol2nya dan cukup gampang dimengerti soalnya pakai bahasa inggris, kalau pakai bahasa cinta suka beda2 artinya. Bahasa inggris kurang oke? Santee… ada google translate saudara.

5. Masukkan video yang dipilih, dan drag di bagian timeline (bagian bawah yg ada angka detik nya) langsung jahit dengan video lain dan mix sesuka hati, jangan sampai salah video xxx ya guys.

6. Pilih lagu untuk backsound dan kamu bisa play dulu pilihan lagunya sebelum di add (tombol plus). Pastikan lagunya yg tidak mengandung kenangan mantan ya, batal edit video malah nangis di sebelah kulkas.

7. Kurang lebih begini tampilan video dan musiknya. Video kamu juga bisa diatur warna, crop, dan bisa di slow-motion kaya video clip nya adèle gitu. Keren.

8. Ini bentuk pilihan filter, cukup banyak pilihan. Yang satu pilihan itu cuma jodoh bro.

9. Ini adalah setting music untuk menghapus sound video asli biar gak tumpang tindih.

10. Adding text buat judul atau credit. Kamu juga bisa edit sesuka hati, pilih font paling romantis juga bisa, walaupun kamu Jomblo as F.

11. This is it! Kalau kata mbak chef, more or less inilah tampilan video saya yg berdurasi 1 menit. Kenapa 1 menit, kalau 3 jam bisa jadi film india.

12. Jangan lupa di save atau langsung share ke socmed. Gampang kan!

Hasil akhir dengan menambahkan beberapa filter dan efek. Let me know what you think, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini, kalau ada masukan Software atau apps lain boleh loh.

Sharing is caring and be good to one another 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s