MyBigMall.co menjaring bisnis e-commerce dalam Multi Level Marketing (MLM)

Sambil menikmati santap sarapan saya melihat sebuah talkshow di Kompas.tv dengan bahasan e-commerce Indonesia dan nilai uang yang dihamburkan para investor dan para entrepreneur di Indonesia. Seorang pria bernama Wimpy memberikan keterangan tentang biaya yang sudah dihabiskan untuk membuat e-commerce di Indonesia. Space server saja 100juta, pembuatan websitenya sampai 200juta, belum lagi biaya maintenance pertahun yang mencapai 100juta, belum termasuk customer service. Maka dari itu beliau menawarkan para calon pemilik e-commerce dengan jasa pembuatan website yang bersifat personal atau marketplace dengan nama sendiri (namasaya.com) dengan harga 25 juta, tapi khusus hari ini saja bisa membeli website tersebut hanya dengan 5.800.000 rupiah.

Sounds very familiar…

Pertama… untuk memiliki website sendiri dengan konsep market place sudah banyak di Indonesia dan Gratis, sebut saja; Qoo10.co.id, elevania, zalora, bukalapak, tokopedia bahkan bhinneka.com. memang sih tanpa nama sendiri tapi domain bisa dibeli hanya dengan 100ribuan dengan diarahkan si situs tersebut. Yes… less than 500.000

Lantas, bagaimana jika saya ingin punya website dengan layout sendiri dan tampak berbeda? Elevania memiliki tools yg memungkinkan pemilik toko mendesign halaman pribadinya, atau banyak website penyedia design website e-commerce yang cukup mudah dan murah. Salah satu favorite saya tentunya ada Shopify.com yang memiliki template profesional yang gratis atau anda yg terbiasa dengan wordpress ada WooCommerce. Cukup dengan biaya 300ribu dan domain 100ribu saya sudah bisa memiliki website e-commerce pribadi. Yes… tidak sampai 25juta.

Memang sih harga web semurah itu didukung dengan pengalaman dengan website design dan sedikit programmer, untuk anda yang sangat awam bisa memulai dengan m,marketplace penyedia space. Yang dimiliki MyBigMall yang (mungkin) tidak dimiliki shopify, wooCommerce, tokopeda dll adalah jaringan sesama e-commerce dalam satu payung MyBigMall.

Tanpa pikir panjang sayapun click website ini dan sejujurnya cukup kecewa dengan tampilannya yang tidak profesional, dan seperti situs MLM starter lainnya, website ini dipenuhi iklan “Peluang Bisnis”, Hadiah Poin, dan iming2 Jalan2 ke luar Negri. Untuk anda yg memiliki produk hebat, sebaiknya tidak tergiur bergabung. Untuk anda yg menyukai networking dan Community based, web ini cocok untuk anda.

Iseng sayapun melihat Apps yang dibuat dan dipromosikan cukup gencar, sayangnya 4 review paling depan memberikan nilai negatif, jadi sayapun urung mendownload.


Saya juga bukan anti MLM, malahan saya cukup kagum dengan konsep MLM yg masih bertahan hingga saat ini.
I’m not saying this is bad. I’m saying… e-commerce is emerging and evolving, are you ready?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s