Split 

Split (2017)

Written and directed by M. Night Shyamalan 

Dalam sebuah teori komunikasi ada Teori Dramaturgi dimana interaksi satu manusia dengan manusia lain diumpamakan panggung yang berbeda-beda, untuk berhasil dalam bersosialisasi manusia pun memiliki topeng atau peranan yg berbeda beda pula tergantung lingkungannya. Hal inilah yang kadang membuat kita sering berkomentar “kok kamu beda banget” kepada orang2 yg kita kenal deket. Bisa jadi dia sedang memakai topeng yg berbeda walaupun bukan jati dirinya yang sebenarnya. Split personality? Totally different. Kelainan mental ini yang menyebabkan seseorang memiliki berbagai perilaku yang sangat berbeda satu sama lain dalam satu fisik manusia.

Mini sinopsis :

Denis (James McAvoy) adalah salah Salah satu dari 23 personalities yang menculik tiga gadis remaja dan menyekap mereka di sebuah ruang bawah tanah misterius. Casey bersama 2 temannya mencoba melarikan diri dengan bantuan Hedwig ; salah satu dari personalities yang berusia 9 tahun. Tak hanya Denis dan Hedwig, ada pula Patricia, Kevin, Barry, dan bangkitnya personality yang paling berbahaya. The beast.

Cool Premis, Amazing performance, bit all over the place.

James McAvoy beruntung mendapatkan panggung seluas2nya untuk dia mengeksplor berbagai karakter dalam satu film dalam satu penokohan. Ide film kepribadian ganda selalu seru dan gak ada habisnya, sebut saja Shutter Island-nya Leonardo Dicaprio, Identity, atau my all time favorite : Pintu Terlarang karya Joko Anwar. Buat penggemar film2 misteri nya M. Night Shyamalan  (seperti saya) nggak bakalan kecewa. Saya belum pernah nonton film psikology Thriller dikawinkan mentah-mentah dengan film horror. Dan film nya Shyamalan selalu berhasil membawa saya ke dalam mitos2 dongeng modern yang cukup mistis dan magis miliknya.

8,5 out of 10* Recommend #ShortReview #MovieJunky 

Closing scene (spolier alert)

Nggak perlu kaget saat tiba2 muncul Bruce Willis di Diner penutup film. Disebutkan pula nama Mr. GLASS dimana 2 karakter ini ada di film Shyamalan sebelumnya berjudul UNBREAKABLE  (harus ditonton). Kesamaan Mr. Glass dengan Denis adalah sama2 memiliki masa kecil yg kelam dan berevolusi menjadi sesuatu yg mengerikan. Bruce Willis menjadi superhero yg grounded di film tersebut. Tapi kedua film ini tidak berhubungan, tapi 2 film ini ada di dalam universe yg sama.

5 Film M. Night Shyamalan rekomendasi saya :

1. The sixth sense 

2. Unbreakable 

3. The Village 

4. Devil

5. Lady in the water

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s