The Shoppers

Kelamaan bekerja di industri ritail fashion membuat saya punya ilmu yg tidak diajarkan oleh sekolah, termasuk oleh ibu atau kakak perempuan saya. Banci observasi dan hobby analisa membuat saya semacam dukun yang mampu membaca jarak jauh macam2 wanita Shoppers. Berikut diantaranya…

1. Belanja untuk dirinya. Me me me shoppers.

Tanpa ragu menempelkan baju yg didisplay dan bercermin segera, kadang kala mengukur celana dengan dada, atau memaksa mencoba baju yg terlalu kecil 2 size hanya demi berbelanja. Paling gampang dirayu buat beli.

2. Belanja untuk temen. BFF shoppers.

Model ini suka bertanya kepada temanya semacam approval, butuh decision support. Mengenal teman dekat bukan malah lebih tau apa yg disuka, tapi yg pasti beli sesuatu yg gak lebih mahal dr Budget belanja bajunya sendiri, atau yg modelnya gak sebagus miliknya. Yang so… so… lah.

3. Belanja untuk adik, mama, kakak. Sisters shoppers.

Apapun yang diambil keluarganya akan dibilang “bagus kok”, ada juga yang “nggak ah, jangan itu”. Shoppers ini sangat opinionated, dengan kata lain “sis, I know you more than yourself. Trust me on this” kinda type.

4. Belanja untuk mata. Windows Shoppers. 

Paling gampang spotted, biasanya cuma melenggang dan tidak menunjukan antusias. Maksimal cuma melihat 3 baju dari rak, pegang bahan, lihat harga, pergi.

5. Kompetitor belanja. The competitors shoppers.

Kebalikan dari type nomer 4, yang ini akan detail melihat bahan, jahitan, kencing dan tentunya harga. Bedanya… cewe yg satu ini nggak sudi menempelkan baju yg dilihat ke tubuhnya. Karena misinya bukan untuk jatuh hati, tapi menjadi kritikus jeli. Biasanya ini sesama pemilik butik baju yg sejenis.

6. Saya belanja buat kamu. Aliansi Shoppers. 

Ini adalah type orang belanja karena kenal pemiliknya. Nggak picky dan gak ragu beli dalam jumlah banyak. Nggak susah klo yg belanja model begini, cepet keluar duitnya karena uang belanjaanya adalah investasi pertemanan. Sebelum pulang, foto dulu dong buat IG dan FB. Yg begini makin langka, terlalu banyak yang “harga temen dong sis” atau yang suka hratissss. Ini gak saya masukin nomer 7, karena memang Nggak belanja :-p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s